PTBA bukukan laba bersih Rp1,7 triliun di kuartal III-2020

Aset perusahaan per September 2020 tercatat berada di angka Rp24,5 triliun.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berhasil mencetak kinerja positif hingga kuartal III-2020 meski terimbas pandemi Covid-19 dan turunnya harga batu bara dunia. Foto ptba.co.id

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berhasil mencetak kinerja positif hingga kuartal III-2020 meski terimbas pandemi Covid-19 dan turunnya harga batu bara dunia. Hingga September perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp1,7 triliun.

"Perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp1,7 triliun hingga 30 September 2020 dan dari sisi pendapatan, PTBA membukukan sebesar Rp12,8 triliun," kata Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk Apollonius Andwie, dalam keterangan tertulis, Jumat (6/11).

Selain itu, aset perusahaan per September 2020 tercatat berada di angka Rp24,5 triliun, dengan komposisi kas dan setara kas termasuk deposito berjangka (lebih dari tiga bulan) sebesar Rp6,1 triliun atau 25% dari total aset.

Meskipun demikian, kinerja PTBA hingga kuartal III-2020 masih terdampak oleh pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan konsumsi energi, akibat diberlakukannya lockdown di beberapa negara tujuan ekspor seperti China dan India. 

"Begitu juga dengan kondisi di dalam negeri yang menjadi pasar mayoritas PTBA. Turunnya konsumsi listrik di wilayah besar Indonesia seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa dan Bali juga berdampak turunnya penyerapan batu bara domestik," ujarnya.