BKPM: realisasi investasi kuartal IV-2020 capai Rp214,7 triliun

Nilai investasi dari PMA yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi PMDN pada kuartal keempat.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat menjelaskan realisasi investasi di Jakarta, Rabu (5/2/2020). Alinea.id/Nanda Aria.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) merilis kinerja investasi kuartal IV-2020 yang mencapai Rp214,7 triliun, dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 294.780 orang, atau mengalami kenaikan sebesar 3% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Realisasi investasi yang terealisasi pada semester IV-2020 sebesar Rp214,7 triliun," katanya dalam video conference, Senin (25/1).

Realisasi investasi pada kuartal IV-2020 tersebut dari penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp111,1 triliun dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp103,6 triliun.

Bahlil mengatakan, nilai investasi dari PMA yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi PMDN pada kuartal keempat tersebut lebih disebabkan oleh meningkatnya kepercayaan investor akibat penemuan vaksin Covid-19 dan UU Ciptaker.

"Kita tahu bahwa di kuartal ke IV itu sudah ada vaksinasinya. Itu sudah membuat rasa percaya diri dari teman-teman investor asing yang ada di Indonesia. Kedua, pengesahaan UU Ciptaker cukup memberikan pengaruh yang positif bagi keberlangsungan investor asing yang ada di Indonesia," ujarnya.