Realisasi investasi pemerintah ke BUMN pada 2020 capai Rp75,94 triliun

Pinjaman investasi pemerintah tersebut diupayakan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat Covid-19.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata. Foto djkn.kemenkeu.go.id

Sepanjang 2020 pemerintah telah merealisasikan investasi pemerintah kepada BUMN sebesar Rp75,94 triliun, dengan pembagian sebesar Rp56,288 triliun dalam bentuk penyertaan modal negara (PMN) dan Rp19,65 triliun dalam bentuk pinjaman investasi.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengungkapkan, berbeda dengan PMN yang diberikan untuk penguatan modal BUMN, pinjaman investasi pemerintah tersebut diupayakan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat Covid-19.

"Pada 2020, pemerintah telah melakukan realisasi investasi pemerintah kepada BUMN sebesar Rp75,94 triliun. Di mana sebesar Rp56,288 triliun merupakan PMN, dan Rp19,65 triliun dalam bentuk pinjaman investasi pemerintah," katanya salam keterangan tertulis, Jumat (8/1).

Dijelaskan, dalam proses realisasinya terdapat dua kelompok besar PMN yang diberikan pada 2020, yaitu PMN yang telah dialokasikan sebelum terjadinya pandemi Covid-19 dan PMN yang dialokasikan sebagai policy respond pemerintah atas situasi pandemi yang terjadi.

PMN untuk kelompok pertama diberikan kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar Rp5 triliun, PT Sarana Multigriya Finansial (PT SMF) sebesar Rp1,75 triliun, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebesar Rp1 triliun.