Realisasi program sejuta rumah capai 735.547 unit di Agustus

Program sejuta rumah yan dimulai sejak 2015 sudah mencapai 4,7 juta unit hingga saat ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan realisasi program satu juta rumah sudah mencapai 735.547 unit. Alinea.id/Nanda Aria

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan realisasi program satu juta rumah sudah mencapai 735.547 unit.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan pemerintah optimistis program sejuta rumah tahun bisa dicapai. Hal ini mengingat realisasi pembangunan rumah pada 2018 yang melebih target yakni 1,1 juta unit.

“Program satu juta rumah masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga harus terus dilanjutkan,” kata Khalawi saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/8).

Khalawi mengatakan diperkirakan kebutuhan rumah akan terus bertmbah, pada 2020, angka kekurangan rumah (backlog) diprediksi sebesar 7,6 juta kepemilikan dan 2,38 juta backlog rumah tidak layak huni (RTLH).

“Ini yang akan kita terus dorong untuk tetap berjalan dan berkelanjutan, dengan melakukan inovasi dan perbaikan kualitas,” ujarnya.