Resepsi pernikahan lebih hemat dengan virtual wedding

Anggaran konsumsi bisa dipangkas namun pengantin harus mengalokasikan anggaran untuk audio visual.

Ilustrasi Alinea.id/Oky Diaz.

Kondisi pandemi memaksa gelaran pernikahan tak seperti biasanya. Tak ada antrean jabat tangan untuk memberikan selamat, jajaran makanan berlimpah maupun beragam hiburan yang membuat pesta makin meriah. Resepsi pernikahan di era pandemi kini tersaji dalam bentuk virtual.  

Yuliyanna Fauzi (27) tak pernah membayangkan akan menggelar pernikahan di masa pandemi. Apalagi, mengundang ratusan tamu untuk hadir secara virtual di pesta resepsinya.

Meski demikian, ide untuk menjalani konsep virtual wedding dirasakan membantu bagi dirinya dan pasangan. Utamanya, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang hingga kini angka kasus infeksinya belum juga mereda. 

"Menikah dengan zoom atau aplikasi online lain sangat membantu. Tetap bisa membagi kebahagiaan, tanpa merepotkan orang lain dan tetap bisa patuh protokol kesehatan," ujar Yuliyanna saat berbincang dengan Alinea.id, Kamis (17/12). 

Uli, begitu perempuan itu akrab dipanggil, menggelar pernikahan pada 29 November 2020. Bersama pasangannya, Uli hanya membutuhkan waktu persiapan menuju hari H kurang dari sebulan.