RI beri bantuan ekonomi hijau bagi negara-negara Pasifik

Indonesia akan memberi bantuan teknik penerapan pembangunan ekonomi hijau kepada sejumlah negara di Pasifik.

Indonesia akan memberi bantuan teknik penerapan pembangunan ekonomi hijau kepada sejumlah negara di Pasifik, yaitu Tonga, Kepulauan Solomon, dan Samoa. / Antara Foto

Indonesia akan memberi bantuan teknik penerapan pembangunan ekonomi hijau kepada sejumlah negara di Pasifik, yaitu Tonga, Kepulauan Solomon, dan Samoa.

Selama beberapa tahun mendatang, negara-negara di kawasan Pasifik segera membangun konsep pembangunan di sektor pertanian dan perikanan. Langkah ini ditentukan sejalan dengan program dunia Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Hal itu dijelaskan oleh Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Arifin Rudiyanto dalam Multilateral Meeting: Pertemuan Konsultasi International Fund for Agricultural Development (IFAD) dengan Delegasi Negara Pasifik di Nadi, Fiji, Jumat (3/5). 

Pertemuan ini mempertemukan perwakilan negara-negara di kawasan Pasifik yang difasilitasi International Fund for Agricultural Development (IFAD).

“Area potensial yang menjadi fokus kerja sama ke depan adalah pembangunan kawasan pesisir, pedesaan dan pemuda, juga kemitraan publik dan swasta di sektor pertanian dan perikanan,” ujar Arifin dalam keterangan resmi, Sabtu (4/5).