sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kapal induk AS berlabuh di Vietnam

Hal itu jarang terjadi ketika Amerika Serikat dan China semakin bersaing untuk mendapatkan pengaruh di Asia Tenggara.

Hermansah
Hermansah Senin, 26 Jun 2023 13:18 WIB
Kapal induk AS berlabuh di Vietnam

Sebuah kapal induk AS dan dua kapal penjelajah berpeluru kendali, secara resmi mengunjungi Vietnam pada Senin (26/6). Hal itu jarang terjadi ketika Amerika Serikat dan China semakin bersaing untuk mendapatkan pengaruh di Asia Tenggara.

USS Ronald Reagan, bersama dengan kapal penjelajah berpeluru kendali USS Antietam dan USS Robert Smalls sendiri, tiba di Da Nang pada Minggu (25/6) untuk kunjungan tersebut.

China adalah mitra dagang terbesar Vietnam, tetapi klaim maritim Beijing yang meluas di Laut China Selatan telah menyebabkan meningkatnya gesekan dengan Vietnam, serta dengan Malaysia, Brunei, Indonesia, dan Filipina.

Sementara itu, AS telah melakukan dorongan diplomatik untuk memperkuat hubungan ekonomi dan militer di kawasan Indo-Pasifik.

Kedatangan kapal induk itu-kunjungan ketiga sejak hubungan dibangun kembali setelah berakhirnya perang Vietnam-mengikuti kunjungan ke Vietnam tahun ini dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Perwakilan Dagang AS Katherine Tai dan Administrator USAID Samantha Power.

“Meskipun kunjungan kapal induk sering memicu perhatian media karena sifatnya yang sangat terlihat, pertanyaan yang lebih luas adalah bagaimana ini akan berperan dalam pengembangan hubungan, termasuk upaya Washington untuk meningkatkan hubungan,” kata Prashanth Parameswaran, seorang peneliti di Program Asia Wilson Center, yang menulis dalam catatan penelitian.

“Fokus yang terlalu sempit pada kunjungan kapal induk dapat mengalihkan perhatian dari tren yang lebih luas dari pengembangan hubungan pertahanan AS-Vietnam yang lebih komprehensif dan hubungan secara lebih umum,” tambah Parameswaran.

Petugas kapal induk Ronald Reagan turun pada Minggu dan disambut oleh petugas Vietnam setelah berlabuh di Da Nang, pelabuhan yang dimodernisasi dan diperluas oleh Amerika Serikat selama perang untuk digunakan sendiri.

Sponsored

Kapten Daryle Cardone, komandan Ronald Reagan, mengatakan, beberapa dari lebih dari 5.000 pelaut dari kapal akan menjadi sukarelawan di beberapa acara hubungan masyarakat, bermain olahraga dengan atlet lokal dan mengambil bagian dalam pertukaran budaya dan profesional lainnya selama kunjungan hingga 30 Juni. .

“Beberapa pelaut Reagan beranggapan pulang ke Vietnam, tetapi bagi sebagian besar itu akan menjadi kunjungan pertama mereka,” kata Cardone dalam rilis dari Angkatan Laut AS.

Washington melihat Hanoi sebagai bagian penting dari strateginya untuk wilayah tersebut dan telah berusaha memanfaatkan persaingan tradisional Vietnam dengan tetangganya yang jauh lebih besar, China, untuk memperluas pengaruh AS di wilayah tersebut.

Jepang, sekutu kuat AS, juga berlabuh di Vietnam pekan lalu dengan kapal perusak terbesarnya, Izumo, menyusul latihan di Laut China Selatan dengan kapal Reagan dan kapal Amerika lainnya.

China juga telah menjangkau dalam upaya untuk memperbaiki hubungan, mengirim kapal pelatihan angkatan laut untuk berlabuh sendiri di Da Nang sebulan yang lalu sebagai bagian dari apa yang disebut sebagai tur niat baik yang juga membawanya ke Thailand, Brunei, dan Filipina. .

Kementerian Luar Negeri Vietnam menyebut kunjungan pelabuhan Reagan sebagai bagian dari “pertukaran persahabatan normal demi perdamaian, stabilitas, kerja sama, dan pembangunan baik di kawasan maupun dunia.”

Vietnam perlu menyeimbangkan hubungan sensitifnya dengan Beijing dengan penjangkauan AS dan opini domestik, kata Parameswaran, mencatat bahwa jajak pendapat menunjukkan bahwa orang-orang Vietnam memiliki tingkat tertinggi pro-AS untuk sentimen di Asia Tenggara.

Berbasis di Yokosuka, Jepang, USS Ronald Reagan adalah satu-satunya kapal induk Amerika yang dikerahkan ke depan. Peran itu akan digantikan tahun depan oleh USS George Washington, juga kapal induk kelas Nimitz.

Sumber : Associated Press

Berita Lainnya
×
tekid