RI-Taiwan kerja sama pusat pengembangan digital

Fasilitas ini dibangun untuk mendorong penerapan industri 4.0 di tanah air.

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan lembaga penelitian dan pengembangan teknologi di Taiwan bernama Industrial Technology Research Institute (ITRI).   / Antara Foto

Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan lembaga penelitian dan pengembangan teknologi di Taiwan bernama Industrial Technology Research Institute (ITRI). Fasilitas ini dibangun untuk mendorong penerapan industri 4.0 di tanah air.

Kementerian Perindustrian menyatakan pusat pengembangan teknologi ini serupa dengan Digital Capability Center (DCC) yang sudah dibangun bersama perusahaan konsultan McKinsey. 

“Modelnya mungkin akan mirip dengan DCC yang sudah ada di Singapura. Kerja sama lebih lanjut antara ITRI dengan Kemenperin, terus kami follow-up,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangan resmi kepada Alinea.id di Jakarta,  Jumat (24/5).

Menurut Airlangga, pembangunan DCC diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pelaku industri yang belum menerapkan digitalisasi terutama sektor industri kecil dan menengah (IKM). Untuk menyiapkan era industri 4.0, Kemenperin telah menunjuk proyek percontohan atau lighthouse industry bagi lima sektor unggulan yang ditetapkan di dalam Making Indonesia 4.0.

“Lima sektor besar prioritas pengembangan industri 4.0 pendekatannya menggunakan sector based. Pada sektor tersebut, akan diimplementasikan smart factory dengan implementasi internet of things (IoT), big data, digital printing dan tools lainnya yang merupakan bagian industri 4.0,” terangnya.