Riset: 65% konsumen belanja lewat live shopping

Fenomena siaran belanja langsung alias live shopping makin digemari masyarakat.

Ilustrasi live shopping. Foto Freepik.

Konsumen Indonesia makin tertarik pada pengalaman belanja yang mudah dalam platform e-commerce, seiring dengan perkembangan dunia digital. Kemudahan mencari berbagai macam barang hanya dengan browsing dan melakukan pembelian tanpa meninggalkan kenyamanan rumah, telah mengubah cara masyarakat berbelanja. 

Keunggulan belanja online, seperti kecepatan transaksi diproses dan dikirim, bahkan seringkali melebihi waktu pembelian offline, sangat sesuai dengan gaya hidup masyarakat Indonesia modern yang serba cepat. Ditambah, fenomena siaran belanja langsung alias live shopping yang memikat masyarakat.

Riset Jakpat periode semester I-2023 menunjukkan, 9 dari 10 online shoppers mengaku pernah menonton live shopping. Lebih dari separuh konsumen atau mencapai 86% pernah mengunjungi live shopping. Lalu sekitar 65% melakukan pembelian melalui live shopping.

Survei itu dilakukan guna memahami perilaku masyarakat dalam belanja online, penggunaan e-commerce, serta strategi marketing yang digunakan baik platform e-commerce maupun penjual dalam platform tersebut.

Aska Primardi, Head of Research Jakpat mengatakan live shopping muncul sebagai evolusi yang menarik dari pengalaman belanja online, gabungan dari elemen partisipatif dalam media sosial dan daya tarik belanja itu sendiri.