Kabar baik, survei Robert Walters sebut mayoritas perusahaan siap menaikkan gaji

Rata-rata kenaikan gaji untuk para pekerja yang berharap pergantian kerja (job movers) diperkirakan berkisar antara 20-30%.

Ilustrasi: istockphoto.com/

Sebanyak 82% perusahaan di Indonesia mengaku siap memberikan kenaikan gaji di 2023, terlepas dari ancaman resesi global yang diprediksi terjadi. Hal ini terungkap dalam “Salary Survey 2023” yang dikeluarkan oleh perusahaan perekrutan profesional, Robert Walters dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/1).

Rata-rata kenaikan gaji untuk para pekerja yang berharap pergantian kerja (job movers) diperkirakan berkisar antara 20-30%. Di mana peningkatan yang lebih tinggi dapat terjadi pada posisi dan kompetensi yang khusus dan langka dimiliki. 

Robert Walters juga mengulas beberapa keahlian yang akan menarik perhatian perusahaan. Di antaranya, para tenaga kerja yang memiliki kecakapan emosi (emotional intelligence) termasuk dalam membangun personal branding di ranah digital. 

Optimisme dari sudut pandang pencari kerja

2023 akan menjadi tahun yang menuntut kehati-hatian dari para pencari kerja. Ditemukan ada 76% tenaga kerja profesional yang mengaku siap mencari pekerjaan baru di tahun ini. Senada dengan temuan tersebut, sebanyak 82% tenaga kerja lainnya pun optimistis dengan peluang pekerjaan di sektor mereka. Meskipun begitu, stabilitas kondisi keuangan perusahaan akan menjadi salah satu indikator utama yang paling menentukan.