Rumah mewah diobral: Orang kaya berburu cash kala krisis

Kalangan super kaya mulai melepas aset di kala krisis ekonomi.

Ilustrasi Alinea.id/Oky Diaz.

"HOT DEAL JUAL CEPAT. TURUN HARGA JARANG ADA. For sale Menteng jual BU (Butuh Uang)," demikian bunyi sebuah iklan yang menjual rumah elit di situs Rumah.com. 

Alinea.id menemukan iklan tersebut pada Rabu (21/70). Penawaran rumah dua lantai di Pondok Indah itu dibanderol seharga Rp23 miliar dengan SHM (Sertifikat Hak Milik). Rumah mewah di kawasan elit Jakarta Selatan ini memiliki luas bangunan 485 meter persegi dan luas tanah 612 meter persegi.

Di masa pandemi ini, penjualan rumah di kawasan elit ibu kota seperti Pondok Indah hingga Menteng tampak kian menjamur. Harganya pun cukup mencengangkan, dari belasan hingga puluhan miliar rupiah.

Bahkan, di platform jual beli online, rumah-rumah tersebut terang-terangan dijual cepat. Aneka diskon hingga iming-iming bisa nego pun ditawarkan agar pembeli terpikat. 

Di situs yang sama, ada pula rumah mewah yang ditawarkan seharga  Rp55 miliar dengan tawaran nego. Luas bangunan mencapai 940 dan lebar 693 meter persegi. Adapun fasilitasnya mencakup tempat parkir tertutup, keamanan 24 jam hingga kolam renang.