Rupiah berpotensi kembali melemah

Jika tidak ada sentimen positif yang dapat direspons dengan baik, rupiah berpotensi akan kembali melemah.

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) saat melakukan aksi menuntut pemerintah mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, di Gedung DPRD Sulawesi Tengah di Palu, Senin (10/9)./Antara Foto

Pengamat Pasar Modal Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Reza Priyambada memprediksi, rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.936-Rp14.920 per dollar AS.

Menurutnya, tren pergerakan rupiah masih cenderung mendatar dan bahkan berpotensi kembali melemah, jika tidak ada sentimen positif yang dapat direspons dengan baik. 

Diharapkan rilis data-data ekonomi di awal pekan, mampu memberikan sentimen positif pada rupiah, serta mampu mengimbangi sejumlah sentimen yang memperkuat laju dollar AS. 

"Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," ungkap Reza pada risetnya, Senin (1/10).

Sekadar mengingatkan, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS bergerak melemah sepanjang pekan lalu. Kombinasi faktor eksternal dan domestik menjadi penyebab kelesuan mata uang Tanah Air.