Sandiaga Uno mengapresiasi "Naruna Creative Space and Cafe" sebagai pandemic winner

Pemilik Naruna Creative Space, Roy Vibisono mengatakan dalam mengembangkan usahanya, sejumlah strategi ia terapkan untuk menemukan pasar. 

Foto masterpeople.id

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi kehadiran "Naruna Creative Space and Cafe" dan menyebutnya sebagai pandemic winner karena mampu mendorong kebangkitan ekonomi dan membuka peluang kerja di Salatiga.

"Naruna Creative Space and Cafe" merupakan kafe Instagram yang juga dilengkapi dengan co-working space. Tidak hanya itu, ruang kreatif di Jalan Sawosari, Saladega ini memiliki daya tarik sebagai pusat kerajinan, menawarkan kelas tembikar, kelas membuat keramik, dan ruang pertemuan.

"Kami mengapresiasi Naruna ini sudah menjadi sebuah inspirasi dari awalnya hanya tiga orang karyawan, menjadi 150 orang. Naruna ini muncul dari ide-ide yang luar biasa dari sebuah garasi. Seperti beberapa perusahaan dunia seperti Apple, Microsoft, hingga Google yang dimulai dari garasi. Karena garasi itu penuh inspirasi,” ujar Sandiaga Uno, Senin (16/5).

Awalnya, Naruna Creative Space yang berdiri pada tahun 2021 sebagai pabrik penghasil mug keramik dengan kualitas terbaik telah mampu menembus pasar di beberapa negara antara lain Qatar, Australia dan India. Model atau desain mug keramik ini bervariasi tergantung kualitas ekspor.

"Dengan ekspor ke 12 negara ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia dan creative sourcing bagi Indonesia karena kedekatannya dengan destinasi superprioritas Borobudur. Ke depan, kami akan membuat model pariwisata untuk masuk ke dalamnya," kata Sandiaga. Menparekraf berharap Naruna Creative Space and Cafe terus berinovasi dan meningkatkan daya tariknya kepada wisatawan.