Sarinah kerja sama dengan Dufry AG dan Omega Grup Mexico

Kementerian BUMN menargetkan setidaknya ada 10 produk unggulan Indonesia yang bisa dipasarkan melalui kerja sama ini.

Gedung Sarinah, di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis (5/12/2019). Foto Antara/Aji Cakti

PT Sarinah (Persero) bersama Dufry, perusahaan terkemuka di bidang travel retail dengan lebih dari 2.400 gerai di 400 lokasi di dunia, serta grup industrialis Omega Mexico, pada hari ini menandatangani nota kesepahaman atau MOU di KBRI Mexico City.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, dengan penandatanganan MOU ini dirinya berharap Sarinah dapat menitik-beratkan pada kurasi dan seleksi produk UMKM dan Nusantara yang premium, berkualitas dunia, serta yang sesuai dengan minat dan selera pasar kategori produk-produk duty-free dunia.

"Sarinah yang akan masuk ke liga pasar retail dan duty-free internasional juga perlu meningkatkan kapasitas, baik kelembagaan maupun SDM, melalui proses scouting dan pembelajaran manajemen retail dunia dari Dufry," kata Erick dalam keterangan resminya dari Jakarta, Senin (9/11).

Untuk tahap pertama, Kementerian BUMN menargetkan setidaknya ada 10 produk unggulan Indonesia yang bisa dipasarkan melalui kerja sama ini. Nantinya, peluang produk lokal dan UMKM untuk go global diharapkan semakin terbuka lagi.

Untuk diketahui, prakarsa ini merupakan salah satu langkah strategis Sarinah bertransformasi dan berekspansi ke pasar global. Hal ini selaras dengan visi pemerintah melalui kementerian BUMN, agar para BUMN tidak saja mengekspor produk dalam negeri tetapi juga bertransformasi.