Sektor telekomunikasi diyakini akan menggairahkan kembali ekonomi yang lesu

Pandemik yang diakibatkan oleh coronavirus telah mendorong terjadinya banyak perubahan dan melahirkan norma baru dalam sektor ekonomi. 

Penggunaan internet semakin meningkat kala pandemi. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Data dari Kominfo menyebutkan terjadi peningkatan aktifitas toko daring atau online shop sebesar 400% selama pandemik. Itu artinya pandemik yang diakibatkan oleh coronavirus telah mendorong terjadinya banyak perubahan dan melahirkan norma baru dalam sektor ekonomi. 

Untuk itu dalam upaya mengoptimalkan ekonomi nasional di tengah pandemik coronavirus, Staf Khusus Menkominfo Dedy Permadi menyampaikan, setidaknya ada tiga hal terkait dengan tranformasi digital Indonesia. 

Pertama adalah potret perkembangan dan potensi ekonomi digital dan sektor infokom dalam masa pandemi. Kedua, yaitu kebijakan pembangunan infrastuktur oleh pemerintah Indonesia yang tentunya bekerja sama dengan sektor swasta. Ketiga adalah ekosistem pembangunan digital yang nantinya akan terdiri dari beberapa teknologi yang ke depannya akan dikembangkan menjadi sumber daya manusia dan juga terkait dengan legislasi primer. 

“Di saat sektor lain sedang lesu, sedang lemah, tetapi sektor ini masih tetap bisa bertahan bahkan tumbuh dengan nilai yang sangat signifikan,” tambah Dedy, dalam diskusi daring Peran Sektor Telekomunikasi Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional, Jumat (11/9) malam

Hal ini menggambarkan bahwa sektor infokom masih sangat potensial untuk dikembangkan dan masih menyimpan optimisme yang sangat tinggi di tengah pandemik coronavirus.