Sharp resmi pindahkan pabrik dari Thailand ke Indonesia

PT Sharp Electronic Indonesia (SEID) memindahkan pabrik mesin cuci dari Thailand ke Karawang, Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat mengunjungi lini produksi baru mesin cuci satu tabung PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) di Karawang International Industrial City, Selasa (16/7). Antara Foto

PT Sharp Electronic Indonesia (SEID) merealisasikan pemindahan pabrik mesin cuci dari Thailand ke Karawang International Industrial City (KIIC). Relokasi pabrik ini juga ditandai dengan peresmian lini produksi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

“Indonesia merupakan salah satu negara terpenting bagi Sharp. Kami sudah 50 tahun di Indonesia dan untuk semua kategori elektronik berhasil mencapai pangsa pasar nomor satu,” kata Executive Managing Officer Yoshihiro Hashimoto SEID di Karawang, Selasa (16/7).

Dengan demikian, Sharp menghentikan produksi mesin cucinya di Thailand, kendati produk lain, seperti pendingin ruangan dan microwave masih beroperasi.

Hashimoto menyampaikan, pembangunan lini produksi baru produk mesin cuci otomatis satu tabung juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi elektronik asal Jepang ini di Indonesia.

“Awalnya pabrik kami di Karawang hanya lini mesin cuci kecil, kemudian bertambah ada lemari es, televise. Kami ingin membuat basis produksi di Indonesia,” ujar Hashimoto.