Shopee tutup 13 jenis produk impor

Produk yang ditutup aksesnya tersebut mulai dari pakaian muslim, hingga batik dan kebaya.

Ilustrasi foto. Antara.

Shopee Indonesia menutup 13 jenis produk yang berasal dari luar negeri yang selama ini dijual di platform mereka. Penutupan ini dilakukan setelah adanya koordinasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM).

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, Shopee telah sepakat melakukan identifikasi dan kurasi produk luar negeri yang masuk ke Indonesia. 

"Sebagai tindak lanjut antara pertemuan Kemenkop UKM, Shopee sudah menutup 13 jenis produk masuk ke Indonesia agar tidak membunuh produk lokal dan UMKM," kata Teten dalam konferensi pers virtual, Selasa (18/5).

Teten melanjutkan, 13 produk yang ditutup masuk tersebut meliputi hijab, atasan muslim perempuan, bawahan muslim perempuan, atasan muslim pria, bawahan muslim pria, outerwear muslim, mukena, pakaian muslim anak, aksesoris muslim, peralatan salat, batik, dan kebaya.

Potensi penyelamatan produk UMKM dari penutupan akses masuknya produk asing ini menurut Teten cukup besar, yaitu mencapai hampir Rp300 triliun per tahun. Angka tersebut meliputi industri fesyen muslim yang nilainya Rp280 triliun per tahun dan industri batik yang potensinya Rp4,89 triliun.