SMF perluas pembiayaan dari debitur PNM

SMF membidik debitur baru dengan segmen bisnis rumah berbasis komunitas untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap.

Perumahan baru yang berada di kawasan Citeureup, Bogor. SMF berencana memperbesar segmen bisnisnya dengan membangun segmen bisnis rumah berbasis komunitas./Antara

PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) memperluas segmen bisnisnya. SMF bakal menggarap debitur dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM) dan Grab Indonesia. 

Mengingatkan kembali, SMF sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pembiayaan perumahan layak dan terjangkau untuk karyawan PNM di seluruh Indonesia. Lewat MoU tersebut, SMF berencana untuk menggarap bisnis lain dari PNM. 

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menjelaskan, perusahaan akan menggali potensi baru di luar pembiayaan KPR yang telah diberikan kepada karyawan PNM. Rencananya, SMF juga ingin memberikan layanan yang sama kepada binaan PNM. 

Sebagai informasi, PNM adalah BUMN penyalur kredit mikro untuk usaha mikro kecil menengah atau UMKM. Namun yang membedakan PNM dengan bank adalah pendampingan yang diberikan PNM kepada debitur-debiturnya. 

Saat ini, dua unit layanan PNM yang paling dikenal adalah Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) dan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).