Solusi hemat dan ramah lingkungan ala bisnis sewa perlengkapan bayi

Bisnis sewa peralatan bayi dan balita memiliki potensi pasar besar di tanah air.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

Air Susu Ibu (ASI) menjadi makanan pokok yang paling penting bagi bayi baru lahir hingga usia 2 tahun. Tak heran, banyak para ibu yang berkomitmen memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama dan berlanjut hingga usia dua tahun. 

Bagi ibu menyusui, terutama mereka yang juga bekerja, keberadaan kulkas ASI sangat penting untuk menyimpan ASI perah (ASIP). ASI perah memang bisa hanya disimpan di kulkas biasa dengan dua pintu, tetapi menurut The Academy of Breastfeeding Medicine Protocol Comitee, ASI perah yang disimpan dalam kulkas pintu tunggal (kulkas ASI) bisa bertahan lebih lama, bahkan mencapai 12 bulan ketimbang jika disimpan di kulkas dua pintu.

Meski begitu, harga freezer tunggal tidak murah, belum lagi ibu menggunakan tempat penyimpanan tersebut hanya ketika dia masih menyusui bayinya. Di mana maksimal dilakukan sampai anak berusia 2 tahun. Setelahnya, kulkas ASI akan menganggur tak terpakai.

Karenanya, untuk memenuhi semua perlengkapan ASI dan kebutuhan bayi lainnya, para ibu bisa memilih opsi sewa. Dus, ketika sudah tidak digunakan lagi, orang tua bisa mengembalikan alat tersebut. 

Hal ini dilakukan oleh artis sekaligus Youtuber Ria Ricis. “Untuk beberapa barang kita sewa, biar enggak mubazir, enggak nyempitin rumah. Karena kan banyak peralatan yang cuma dipakai sebentar,” katanya yang baru saja melahirkan bulan Juli lalu.