Sri Mulyani akui infrastruktur Indonesia tertinggal dari Malaysia

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan infrastruktur Indonesia masih tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga Malaysia

Menteri Keuangan Sri Mulyani. / Antara Foto

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan infrastruktur Indonesia masih tertinggal jika dibandingkan dengan negara tetangga Malaysia. Hal itu terlihat dari daya saing global atau global competitiveness index (GCI) untuk sektor infrastruktur.

"Kalau dilihat, GCI infrastruktur mereka (Malaysia) ada di rangking 30, sedangkan kita ada di rangking 71," ujar Sri Mulyani dalam perayaan ulang tahun PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) di Jakarta, Kamis (28/3).

Sri Mulyani mengatakan peringkat ini bukan sesuatu yang membanggakan. Untuk itu, Sri Mulyani mengajak semua pihak untuk turut serta mendorong kenaikan GCI infrastruktur agar lebih baik.

Sri Mulyani mengatakan Malaysia memang lebih kecil dari Indonesia. Jumlah pulau di Indonesia mencapai 17.000 pulau dengan penduduk di bawah 267 juta orang. Luas wilayah juga mencapai 8,3 juta kilometer persegi dengan lautan yang lebih luas dari Malaysia. 

“Akan tetapi, kekayaan alam yang kita miliki ini jangan pernah menjadikan kita sebagai karakter yang selalu mencari alasan untuk tidak melakukan atau menunda sesuatu," katanya.