Sri Mulyani: Disrupsi teknologi bikin ekonomi dunia tak pasti

Ketidakpastian ekonomi global karena disrupsi teknologi belum pernah terjadi di dunia selama ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan disrupsi teknologi dan komunikasi yang terjadi saat ini telah menyebabkan ketidakpastian ekonomi global. Alinea.id/Annisa Saumi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan disrupsi teknologi dan komunikasi yang terjadi saat ini telah menyebabkan ketidakpastian ekonomi global. Hal ini sebelumnya tidak pernah terjadi di tingkat dunia.

Sri Mulyani menjelaskan ketidakpastian sebenarnya bukanlah hal baru. Setiap pemain ekonomi dan pembuat kebijakan tak pernah memiliki ilusi apabila dunia akan berubah memberikan kepastian.

"Pola dari ketidakpastian itu telah menjadi sangat tidak pasti. Jadi Anda akan menjadi sangat bingung dengan ketidakpastian yang sangat banyak," kata Sri di Jakarta, Rabu (11/12).

Di masa lalu, lanjut mantan Managing Director Bank Dunia tersebut, ketika berbicara soal ketidakpastian, hal itu disebabkan oleh data musiman tentang suatu situasi tertentu. Kadang-kadang, ketidakpastian juga disebabkan karena faktor geopolitik, keamanan, perang, atau dalam bentuk bencana alam yang sebagian bisa diprediksi.

"Tapi ketidakpastian saat ini disebabkan oleh teknologi dan komunikasi yang membuat sangat banyak informasi, data, interpretasi, statemen. Hal itu membuat banyak aksi dan reaksi," ujarnya.