Sri Mulyani sebut kondisi ekonomi membaik, ini datanya

Penjualan alat berat disebut juga mengalami lonjakan tinggi. Menurutnya, ini menggambarkan pemulihan ekonomi mulai jalan.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati. Dokumentasi Kemenkeu

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, berpendapat, kondisi pandemi Covid-19 saat ini semakin terkendali. Diharapkan tetap terjaga saat memasuki Ramadan dan Idulfitri.

Menurutnya, Indonesia termasuk negara yang masih mampu mengelola pandemi dengan penurunan kasus di dalam negeri, baik dari sisi kasus harian dan kasus kematian, seiring vaksinasi yang meningkat.

"Kita melihat yang sudah divaksin pertama [sebesar] 72,5% atau 195,8 juta rakyat yang sudah dapatkan vaksin dosis pertama dan vaksin dosis kedua 157,8 juta atau 58,4% dari populasi kita," ucapnya dalam konferensi pers APBN Kita, Senin (28/3). Sementara itu, capaian vaksinasi dosis ketiga (booster) sudah mencapai 19,96 juta.

Sri Mulyani berharap, masyarakat yang akan mudik sudah mendapatkan dosis penguat. Dengan demikian, imunitasnya lebih tinggi.

"Seiring dengan perbaikan kondisi Covid, mobilitas masyarakat kita juga sudah semakin membaik. Kita melihat dari Google Mobility Index, adanya kenaikan aktivitas masyarakat dan ini terlihat semakin tinggi," tuturnya.