Staf Khusus Presiden sebut indikasi perbaikan ekonomi nasional

Purchasing Managers Index Indonesia mengalami perbaikan, yaitu dari 47,2 di September 2020, menjadi 47,8 di Oktober.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta mengungkapkan perekonomian Indonesia saat ini semakin membaik dan menuju ke arah pertumbuhan positif, setelah mampu melewati krisis di kuartal II-2020.

Pada kuartal II-2020 laju perekonomian Indonesia mengalami kontraksi yang dalam sebesar 5,32% (year on year/yoy), dan kemudian mulai mengalami perbaikan di kuartal III-2020 dengan minus 3,49% secara yoy. Meski turun secara tahunan, namun secara kuartalan (qtq) tumbuh positif 5,05%.

"Kita berhasil melewati titik terdalam perekonomian, sama halnya dengan treStaf n perekonomian yang terjadi di dunia," katanya dalam webinar bersama Greenpeace Indonesia, Jumat (13/11). 

Arif menjelaskan, perbaikan perekonomian nasional dapat dilihat dari indikator Purchasing Managers Index (PMI) Indonesia yang terus mengalami perbaikan, yaitu dari 47,2 di September 2020, menjadi 47,8 di Oktober 2020.

Selain itu, menurutnya, kinerja perdagangan juga terus menunjukkan gejala perbaikan setelah mengalami tekanan dalam dua kuartal berturut-turut.