Strategi coworking space hadapi ketidakpastian akibat pandemi

Banyak masyarakat yang harus bekerja secara work from home dan adanya ketidakpastian dunia usaha yang harus dihadapi.

Ilustrasi. Unsplash.com/Shridhar Gupta

CEO dan Co-Founder GoWork Vanessa Hendriadi Li mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis coworking space di Indonesia, karena banyak masyarakat yang harus bekerja secara work from home dan adanya ketidakpastian dunia usaha yang harus dihadapi.

“Tentunya dampak yang kami rasakan, dan juga seperti yang kami perkirakan, karena banyak sekali culture work from home pada saat pandemi dimulai. Tentunya itu sangat memukul okupansi kami. Okupansi kami sebelum pandemi itu dilevel 80% sampai 100%, namun setelah pandemi dimulai pada Juni tahun lalu, okupansi kami menurun. Yang dulunya 80% menjadi 50% karena banyaknya work from home dan ketidakpastian yang harus dihadapi, jadinya cukup signifikan untuk kita saat ini,” tutur Vanessa dalam acara Power Breakfast di kanal Youtube IDX Channel, Senin (6/9).

Vanessa mengatakan, hingga saat ini GoWork masih beroperasi sampai sekarang bahkan mulai membuka beberapa cabang baru, karena ia melihat kesempatan-kesempatan baru dari pandemi Covid-19 bagi bisnis coworking space.

“GoWork mulai dari pandemi sampai sekarang tidak menutup satupun lokasi. Justru di awal tahun ini, kami mulai buka beberapa cabang lagi, karena kami melihat adanya demand baru dari market atau perusahaan yang sebelumnya belum kami alami. Jadi ada kesempatan baru yang bisa kami lihat dari pandemi ini,” tutur Vanessa.

Vanessa juga membagikan strategi yang digunakan GoWork untuk bertahan di tengah pandemi. Menurutnya, harus berusaha setransparan mungkin dari semua informasi yang diketahui mengenai pasar dan situasi makro. Ia juga menjelaskan, karena ini adalah masalah yang tidak bisa diantisipasi, efisiensi perlu dilakukan sejak awal. Yaitu dengan melakukan negosiasi ulang dengan para pemilik gedung karena mereka adalah partner stakeholder, jadi memiliki relasi yang baik dengan partner bisnis adalah sebuah investasi yang tidak ternilai.