Strategi investasi jelang akhir tahun

Jelang akhir tahun menjadi momen penting bagi para investor untuk mengatur kembali portofolio investasinya.

Ilustrasi. Pixabay

Perekonomian yang mulai menggeliat pada saat ini, didukung oleh faktor global dan domestik. Dan hal itu membuka peluang yang besar bagi para investor untuk mendulang keuntungan.

Jelang akhir tahun menjadi momen penting bagi para investor untuk mengatur kembali portofolio investasinya. Simak strategi investasi jelang akhir tahun bersama Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Krizia Maulana, berikut ini.

Lakukan evaluasi

Kuartal terakhir merupakan waktu bagi para investor untuk kembali melakukan evaluasi portofolio investasi. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Pertama, mengevaluasi perkembangan hasil investasi. Langkah berikutnya adalah mencari informasi mengenai outlook pasar finansial kedepannya, sehingga bisa melakukan penyesuaian komposisi portofolio.

Selanjutnya, mengevaluasi apakah komposisi portofolio saat ini masih sesuai dengan jangka waktu dan tujuan investasi yang ingin dicapai. Setelah tiga langkah dalam mengevaluasi tersebut selesai dilakukan, kita memiliki basis atau dasar untuk melakukan rebalancing portofolio. Pada proses evaluasi, investor harus memperhatikan apakah dana investasinya telah berkembang sesuai dengan harapan dan tujuan keuangan yang telah ditetapkan sebelumnya.