Strategi PIS bebas karbon untuk seluruh armada

PIS berniat mencapai diversifikasi portofolio bisnisnya menuju layanan pelayaran yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu kapal milik PIS. Foto Pertamina.com

PT Pertamina International Shipping (PIS) berkomitmen menghadirkan armada yang lebih rendah karbon. PIS berniat mencapai diversifikasi portofolio bisnisnya menuju layanan pelayaran yang lebih ramah lingkungan.

Inisiatif berkelanjutan untuk mencapai tujuan ini diwujudkan melalui tiga fase, dengan tujuan akhir bebas karbon untuk seluruh armada PIS.

Direktur Utama PIS Erry Widiastono menjelaskan, pada fase pertama, PIS telah memulai langkah-langkah efisiensi energi termasuk operasi pengurangan kecepatan (eco-steaming) sesuai dengan kebutuhan operasional, navigasi ballast minimum untuk mengurangi berat kapal, dan rencana pelayaran yang dioptimalkan. 

“Misalnya kalau kapal sedang berlayar, kita akan lihat apakah ada antrean di pelabuhan tujuan. Kalau ada antrean, kapal kita tidak perlu melaju dengan kecepatan penuh yang menghabiskan lebih banyak bahan bakar dan juga berdampak polusi pada lingkungan,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (7/7). 

Pada tahap pertama, PIS juga akan meremajakan usia kapal menjadi 17 tahun. Adapun, rata-rata usia kapal yang dioperasikan saat ini berkisar antara 19-20 tahun.