Sudirman Said bongkar rahasia Jokowi bertemu Freeport

Presiden Jokowi melakukan pertemuan rahasia dengan bos Freeport McMoRan Inc. (FCX), sebelum proses akuisisi berlangsung.

Mantan Menteri ESDM Sudirman Said, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. / Facebook

Presiden Jokowi melakukan pertemuan rahasia dengan bos Freeport McMoRan Inc. (FCX), sebelum proses akuisisi berlangsung.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menceritakan pertemuan rahasia antara Presiden Joko Widodo dan bos Freeport McMoran Jammes Moffet. Pertemuan itu terjadi di tengah renegosiasi perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia (PTFI) pada Oktober 2015.

Menteri ESDM era Jokowi yang kemudian di-reshuffle itu mengungkap pertemuan tersebut bermula tepat sehari sebelum ia menandatangani surat permohonan perpanjangan operasi PTFI pada 7 Oktober 2015. Dia membongkar pertemuan itu dalam diskusi bertajuk Mengelola Sumber Daya Alam, Mejaga Harkat Negeri di Jakarta Selatan, pada Rabu (20/2).

"Tanggal 6 Oktober 2015 jam 08.00 pagi, saya ditelepon seorang staf disuruh ke istana. Saya tiba 08.30, Sebelum masuk ke ruang kerja presiden saya dibisiki oleh asisten pribadi, 'Pak menteri, pertemuan ini tidak ada'," ucap Sudirman, sambil menirukan perkataan staf pribadi presiden.

Sudirman Said yang kini menyeberang ke kubu Prabowo Subianto dan kini menjabat sebagai Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu kaget setelah memasuki ruangan presiden. Dia tak mengira sudah ada James Robert (Jim Bob) Moffet, Executive Chairman Freeport McMoRan sejak 2003 itu di ruangan Jokowi. Jim Moffet kemudian belakangan dicopot dari jabatannya pada Desember 2015.