Suku bunga naik jadi 4,75%, BI jamin likuiditas perbankan tetap longgar

BI menaikkan suku bunga acuan atau BI & day reverse repo rate sebesar 50 bps pada hari ini.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo. Dokumentasi BI

Bank Indonesia (BI) kembali menaikkan suku bunga acuannya atau BI 7 day reverse repo rate (BI7DRR) sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,75% pada Kamis (20/10). Meskipun demikian, BI memastikan kondisi likuiditas perbankan dan perekonomian akan tetap longgar.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan, rasio alat likuid pada September 2022 terhadap dana pihak ketiga (AL/DPK) masih tergolong tinggi di level 27,35%.

"Rasio ini tetap mendukung kemampuan perbankan dalam penyaluran kredit di tengah berlangsungnya normalisasi kebijakan likuiditas melalui kenaikan giro wajib minimum (GWM) rupiah secara bertahap dan pemberian insentif GWM," kata Perry dalam paparannya.

Perry menambahkan, longgarnya likuiditas perekonomian tecermin dari pertumbuhan jumlah uang beredar dalam arti sempit (M1) dan luas (M2) masing-masing sebesar 13,5% year on year (yoy) dan 9,1% yoy. "Likuiditas yang longgar ini turut memberikan dorongan terhadap pemulihan ekonomi lebih lanjut."

Ketahanan sistem keuangan, terutama perbankan, sambungnya, juga tetap terjaga baik dari sisi permodalan maupun likuiditas. Aspek permodalan terpantau kuat dengan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) Agustus 2022 sebesar 25,12%.