Pemerintah resmi tawarkan sukuk ritel seri SR-10

Selain imbal hasil yang menggiurkan, sukuk ritel juga dapat diperjualbelikan di pasar sekunder serta aman karena dijamin pemerintah.

Kementerian Keuangan membuka masa penawaran Sukuk Negara Ritel seri SR-010 di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) (Cantika Adinda/Alinea)

Kamu yang sedang mencari instrumen investasi, obligasi negara syariah atau sukuk negara ritel bisa menjadi pilihan. Kementerian Keuangan resmi membuka penawaran Sukuk Negara Ritel seri SR-010 di Main Hall Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (23/2).

Pembelian Sukuk Negara SR-010 ini bisa dilakukan pada 22 agen penjual yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Beberapa diantaranya merupakan tergabung dalam  Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA). Untuk pemesanan bisa dilakukan sepanjang masa penawaran dari 23 Februari sampai 16 Maret 2018 .

Instrumen ini cukup menguntungkan. Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan pemerintah membagikan imbal hasil fixed sebesar 5,9% untuk investor sukuk ritel SR-010. Besaran itu di atas rata-rata suku bunga deposito. Tengok saja, suku bunga simpanan bank umum yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hanya sekitar 5,75%

"Pematokan imbal hasil salah satunya ditentukan dengan kondisi pasar. Misalkan saja yang terkait dengan pasar sekunder, imbal balik dari angka investasi dan sebagainya," ujar Luky, Jakarta, Jumat (23/2).

Investor bisa memesan sukuk ritel SR-010 dengan minimum investasi Rp 5 juta dan maksimum pemesanan Rp 5 miliar. Nantinya, imbalan akan dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulannya.