Susul S&P, Fitch kerek peringkat utang Lippo Karawaci

Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menaikkan peringkat kredit jangka panjang mata uang asing dan lokal PT Lippo Karawaci Tbk.

Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menaikkan peringkat kredit jangka panjang mata uang asing dan lokal PT Lippo Karawaci Tbk. / Nikkei

Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menaikkan peringkat kredit jangka panjang mata uang asing dan lokal PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) dari CCC+ menjadi B-. Selain itu, Fitch juga menaikkan peringkat nasional jangka panjang LPKR dari BB- menjadi BB+.

Chief Executive Officer LPKR John Riady mengatakan peningkatan peringkat oleh Fitch dan S&P mencerminkan perbaikan posisi likuiditas LPKR serta fleksibilitas keuangan yang memadai.

"Status kami sebagai perusahaan yang lebih stabil dan dikelola dengan baik tidak hanya akan mendapatkan kembali kepercayaan para pembeli, tetapi juga akan membangun kemitraan baru yang akan memperluas jangkauan kami ke lebih banyak orang Indonesia," kata John di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Senin (22/7). 

Head of Corporate Communication LPKR Danang Kemayan Jati mengatakan Fitch melihat penguatan likuiditas LPKR dan terbatasnya risiko pembiayaan kembali sebagai dua dari beberapa faktor utama peningkatan peringkat tersebut.

"Sekarang LPKR memiliki fleksibilitas pembiayaan yang memadai untuk memenuhi biaya operasional, beban bunga dan pembayaran hutang pada saat jatuh tempo hingga akhir tahun 2020," ujar Danang.