Tambak udang modern ramah lingkungan terbesar dan pertama di Indonesia

Tambak udang yang diklaim menjadi budi daya udang modern ramah lingkungan terbesar di Indonesia ini memiliki luas sekitar 60 hektare.

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam peresmian tambak udang berbasis kawasan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). Tangkapan layar YouTube Perikanan Budidaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (9/3) meresmikan tambak udang berbasis kawasan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Tambak udang yang diklaim menjadi budi daya udang modern ramah lingkungan terbesar di Indonesia ini memiliki luas sekitar 60 hektare (ha), dan ditargetkan per hektarnya menghasilkan udang sekitar di atas 40 ton.

“Kawasan budi daya udang ini menghabiskan anggaran mencapai Rp175 miliar dan akan menjadi sebuah contoh yang nanti bisa dicopy untuk diterapkan di daerah lain,” ujar Jokowi dalam peresmian tambak udang berbasis kawasan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3).

Jokowi berharap tambak udang ini bisa menjadi contoh baik bagi budi daya udang Vaname. Jenis udang ini menurutnya, membutuhkan kebersihan air dan manajemen yang benar-benar baik dan detail.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan tambak budi daya udang berbasis kawasan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah,” kata Jokowi.

Peresmian tersebut pun dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Jokowi.