Tanam investasi di mobil listrik, Foxconn janji libatkan UKM

Foxconn berencana membangun industri baterai listrik dan kendaraan listrik secara menyeluruh di Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dalam konferensi pers virtual BKPM, Selasa (24/2/2021). Tangkapan layar konferensi pers BKPM

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Foxconn untuk perkembangan mobil listrik di Indonesia. Pertemuan keduanya untuk membahas perkembangan investasi yang akan dilakukan oleh perusahaan asal Taiwan itu.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, selain mobil listrik, investasi itu juga akan meliputi baterai, motor dan peralatan untuk membangun telekomunikasi. Konsep kolaborasi dengan BUMN, investor luar negeri, perusahaan swasta dam negeri hingga pengusaha UMKM lokal menjadi rencana indah investasi ini.

"Mereka (Foxconn) berkeinginan masuk di UMKM. Jadi ga benar kalau dikatakan UMKM tidak ada investasinya," kaya Bahlil dalam pernyataannya, Sabtu (25/6).

Rencana ini akan dikawal oleh kementeriannya hingga berjalan secara nyata. Harapannya, Indonesia dengan pengusaha UMKM maupun swasta tingkat nasional dapat mewujudkan hal tersebut.

"Dikawal sampai tingkat ekesekusi," ujar Bahlil.