sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tanam investasi di mobil listrik, Foxconn janji libatkan UKM

Foxconn berencana membangun industri baterai listrik dan kendaraan listrik secara menyeluruh di Indonesia.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Sabtu, 25 Jun 2022 13:10 WIB
Tanam investasi di mobil listrik, Foxconn janji libatkan UKM

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Foxconn untuk perkembangan mobil listrik di Indonesia. Pertemuan keduanya untuk membahas perkembangan investasi yang akan dilakukan oleh perusahaan asal Taiwan itu.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, selain mobil listrik, investasi itu juga akan meliputi baterai, motor dan peralatan untuk membangun telekomunikasi. Konsep kolaborasi dengan BUMN, investor luar negeri, perusahaan swasta dam negeri hingga pengusaha UMKM lokal menjadi rencana indah investasi ini.

"Mereka (Foxconn) berkeinginan masuk di UMKM. Jadi ga benar kalau dikatakan UMKM tidak ada investasinya," kaya Bahlil dalam pernyataannya, Sabtu (25/6).

Rencana ini akan dikawal oleh kementeriannya hingga berjalan secara nyata. Harapannya, Indonesia dengan pengusaha UMKM maupun swasta tingkat nasional dapat mewujudkan hal tersebut.

"Dikawal sampai tingkat ekesekusi," ujar Bahlil.

Chairman Hon Hai Precision Industry (Foxconn) Young Liu menyampaikan, pihaknya ingin agar investasinya di Indonesia dapat membangun negeri ini. Bahkan tidak hanya di kota besar namun juga di IKN yang akan dikenal sebagai smartcity.

"Kami berencana untuk berinvestasi di ibu kota baru," kata Liu.

Liu menjelaskan bahwa Foxconn berencana membangun industri baterai listrik dan kendaraan listrik secara menyeluruh di Indonesia. Kendaraan listrik yang akan dikembangkan adalah roda empat dan roda dua.

Sponsored

Liu juga menyatakan komitmennya untuk melibatkan perusahaan lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam investasi Foxconn. Hal ini sesuai dengan model bisnis Build, Operate, Localize (BOL) yang diterapkan oleh Foxconn sekarang.

Khusus kerja sama mengenai untuk skuter listrik roda dua, Foxconn menggandeng Gogoro yang telah berpengalaman dalam mengembangkan skuter listrik.

CEO Gogoro Horace Luke meyakini bahwa mobilitas menggunakan kendaraan listrik adalah sebuah hal yang tak terhindarkan dan akan terjadi di dekade ini.

Gogoro selaku pionir dalam penyediaan infrastruktur sistem pertukaran baterai di Taiwan dan kendaraan listrik roda dua, akan turut bekerja sama dalam melengkapi rencana investasi Foxconn.

Beberapa waktu lalu, Bahlil menyampaikan, industri baterai listrik adalah salah satu wujud dari arah kebijakan pemerintah Indonesia ke depan dalam membangun ekonomi hijau dan ekonomi biru yang berkelanjutan.

Indonesia merupakan tempat yang tepat bagi investasi ekosistem baterai listrik karena memiliki keunggulan sumber daya alam sebagai bahan baku baterai listrik, pembangunan infrastruktur yang semakin merata, pertumbuhan masyarakat kelas menengah, serta adanya bonus demografi yang berpotensi menjadi tenaga kerja produktif sekaligus sebagai pasar yang menjanjikan.

Dia mengingatkan tentang kolaborasi bersama BUMN, pengusaha swasta nasional, dan Usaha Mikro Kecil Menengah di dalam seluruh rantai pasok Foxconn dan Gogoro.

Berita Lainnya
×
tekid