Target 60% penyaluran KUR untuk sektor produksi tak tercapai

Pemerintah menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai Rp140 triliun, dengan 60% harus diserap oleh sektor produksi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk  mencapai target penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor produksi sebesar 60% dari total kredit tersedia Rp140 triliun pada 2019 sulit dicapai. / Antara Foto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk  mencapai target penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor produksi sebesar 60% dari total kredit tersedia Rp140 triliun pada 2019 sulit dicapai. Darmin mengatakan target penyaluran KUR ini memang naik dari 2017 sebesar 40% kemudian 2018 sebesar 50%

“Tahun ini sebenarnya untuk produksi itu 60 persen tapi saya melihat mulai enggak tercapai,” katanya di Jakarta, Rabu (16/10).

Darmin menjelaskan salah satu penyebab hal tersebut sulit untuk dicapai adalah mayoritas orang yang berada di sektor produksi bekerja secara individu sehingga pihak dari perbankan kurang berminat dalam menyalurkan kredit.

“Banknya juga tidak terlalu semangat dibanding dengan kelompok di mana ada 100 orang yang menerima KUR itu dia lebih semangat mengurusnya,” ujarnya.

Menurut Darmin, akan lebih baik jika perseorangan itu membentuk sebuah klaster atau kelompok dalam menjalankan suatu sektor produksi atau UMKM sehingga lebih memudahkan pihak perbankan dalam proses penyaluran agar tercapai target 60%tersebut.