Target energi terbarukan 23% butuh keseriusan pemerintah

Hingga saat ini bauran energi terbarukan Indonesia baru mencapai 13%.

International Institute for Sustainable Development (IISD) menyatakan hingga saat ini bauran energi terbarukan Indonesia baru mencapai 13%. Realisasi ini masih jauh dari target pemerintah Indonesia sebesar 23% pada tahun 2025. / Antara Foto

International Institute for Sustainable Development (IISD) menyatakan hingga saat ini bauran energi terbarukan Indonesia baru mencapai 13%. Realisasi ini masih jauh dari target pemerintah Indonesia sebesar 23% pada tahun 2025.

Peneliti Senior IISD Phili Gass mengatakan Indonesia memiliki banyak potensi untuk  mencapai target tersebut. Pihaknya bahkan meyakini bahwa Indonesia dapat melampaui target, namun hal itu butuh keseriusan dari pemerintah.

Phili mengatakan turunnya biaya energi terbarukan secara dramatis akhir-akhir ini membuka kesempatan bagi Indonesia untuk meraih keuntungan dari sumber energi terbarukan.

“Yang kurang di sini adalah kebijakan atau payung hukum yang memungkinkan pelaku usaha dan masyarakat untuk mengambil peran di dalam momentum ini," kata Phili di Jakarta, Rabu (25/9).

Phili menjelaskan IISD dalam laporannya juga turut merekomendasikan sejumlah perubahan kebijakan utama yang diyakini akan meningkatkan penanaman modal di sektor energi terbarukan.