The Fed resmi kerek suku bunga acuan jadi 2%-2,25%

Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve, The Fed, Rabu (26/9), resmi menaikkan suku bunga jangka pendeknya sebesar 25 basis poin.

Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve, Rabu (26/9), resmi menaikkan suku bunga jangka pendeknya sebesar 25 basis poin. / Istimewa

Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve, Rabu (26/9), resmi menaikkan suku bunga jangka pendeknya sebesar 25 basis poin. 

Pengerekan kali ini merupakan kenaikan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) ketiga tahun ini dan langkah kedelapan sejak akhir 2015.

"Mengingat realisasi dan ekspektasi kondisi-kondisi pasar kerja dan inflasi, Federal Open Market Committee (FOMC) memutuskan untuk menaikkan kisaran target untuk suku bunga federal fund (FFR) menjadi 2,00% hingga 2,25%," kata bank sentral dalam sebuah pernyataan setelah mengakhiri pertemuan dua hari.

The Fed mengatakan pasar tenaga kerja AS terus menguat dan kegiatan ekonomi telah meningkat pada tingkat yang kuat, dengan belanja rumah tangga dan investasi bisnis tumbuh tinggi.

Bank sentral juga mengatakan baik inflasi maupun apa yang disebut inflasi inti untuk barang-barang selain makanan dan energi mendekati target bank sentral sebesar 2,00%.