Tidak terseret tapering, IHSG ditutup menguat 0,52% ke level 6.645,51

Transaksi perdagangan mencapai Rp10,9 triliun dari 21,4 miliar lembar saham yang diperdagangkan.

Ilustrasi. Pixabay

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini ditutup naik 34,35 poin atau 0,52% ke level 6.645,51. Terdapat 296 saham menguat, 244 saham melemah dan 142 saham stagnan. Transaksi perdagangan mencapai Rp10,9 triliun dari 21,4 miliar lembar saham yang diperdagangkan

IHSG naik karena investor mengapresiasi kinerja yang sangat positif dari pendapatan perusahaan, terutama di industri perbankan.

"Sementara itu, pasar Asia beragam karena investor mencerna pernyataan dari The Fed, laporan Produk Domestik Bruto (PDB) terbaru, dan pendapatan perusahaan yang tumbuh positif," kata Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama, saat di hubungi Alinea.id, Jumat (28/1).

Sementara itu, analis Wahyu Tri Laksono menuturkan, IHSG masih cukup kuat akhir pekan ini. Artinya IHSG tidak terseret tapering. Namun kekhawatiran pelemahan pada rupiah masih menghantui Industri keuangan.

"Sejauh ini, so far sangat minimal dampaknya. Jika dibandingkan major currency seperti mata uang lainnya seperti Euro, Gbp, dan Yen yang anjlok. Rupiah (IDR) hanya perubahan kecil agak melemah memang. Tetapi saya rasa posisi sementara Indonesia masih cukup lumayan terkendali," kata Wahyu dengan analisanya.