Tiga strategi Jokowi capai pertumbuhan ekonomi 5,6% di 2020

Pemerintahan di bawah Jokowi menargetkan ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,3%-5,6% pada 2020.

Pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah menyiapkan strategi dan langkah prioritas untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 2020. / Antara Foto

Pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah menyiapkan strategi dan langkah prioritas untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 2020.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan pemerintah akan mengantisipasi gejolak internal maupun eksternal untuk menghadapi tantangan ekonomi pada 2020.

“Saya ingin menyampaikan tantangan yang kami hadapi dan kebijakan yang kami terapkan untuk mengatasi berbagai tantangan itu,” katanya dalam acara The 7th US-Indonesia Investment Summit 2019, di Jakarta, Kamis (21/11).

Pertama, pemerintah akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui transformasi struktural untuk memperkuat permintaan domestik dan kinerja perdagangan internasional.

Kedua, menjaga stabilitas ekonomi makro dengan menjaga harga domestik dan nilai tukar pada tingkat yang stabil dan kompetitif.