Tol Balikpapan-Samarinda jadi tumpuan konektivitas ibu kota baru

Pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,35 kilometer (km) ini sudah mencapai 97,4%. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan ruas Tol Balikpapan-Samarinda bakal menjadi tulang punggung bagi konektivitas dan pengembangan daerah Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.  / Istimewa

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan ruas Tol Balikpapan-Samarinda bakal menjadi tulang punggung bagi konektivitas dan pengembangan daerah Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan saat ini pembangunan tol sepanjang 99,35 kilometer (km) ini sudah mencapai 97,4%. 

“Tol ini diharapkan dapat menjadi tulang punggung rencana pengembangan IKN, serta disambut baik oleh masyarakat yang terus mendukung pembangunannya,” kata Danang dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (22/10).

Danang mengatakan jalan tol yang menghabiskan investasi sebesar Rp9,9 triliun ini juga akan menciptakan kawasan perekonomian baru di Pulau Kalimantan. Tol ini akan mendorong pengembangan kawasan-kawasan industri yang bergerak di sektor kelapa sawit, batubara, migas, dan pertanian.

Kehadiran jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut akan mendukung konektivitas untuk pembangunan Ibu Kota Negara yakni melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, yang menjadi salah satu Kabupaten selain Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai kawasan calon IKN di Kaltim yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo.