Tower Bersama rancang emisi obligasi global Rp12,02 triliun

Emiten menara milik konglomerat Edwin Soeryadjaya, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) emisi obligasi global senilai US$850 juta.

Paparan publik PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG). Alinea.id/Annisa Saumi

Emiten menara milik konglomerat Edwin Soeryadjaya, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) merancang emisi obligasi global senilai US$850 juta setara Rp12,02 triliun dengan asumsi kurs Rp14.145 per dolar Amerika Serikat.

Direktur Keuangan TBIG Helmy Yusman Santoso mengatakan restu untuk penerbitan obligasi global tersebut dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan yang digelar di Hotel Westin, Kuningan, Jakarta, Selasa (21/5). 

Penerbit global bonds tersebut adalah anak usaha yang 100% dimiliki oleh perseroan, yakni TBG Global Pte. Ltd. Global bonds akan diterbitkan di Amerika Serikat berdenominasi dolar AS.

Obligasi global itu akan digunakan untuk refinancing, terutama pelunasan kewajiban utang yang jatuh tempo dan pembayaran dipercepat atas pinjaman, serta untuk ekspansi usaha. 

Transaksi terbilang materil lantaran mencapai 326,8% dari total ekuitas perseroan. Per akhir Maret 2019, total ekuitas perseroan mencapai Rp3,67 triliun.