Transaksi nontunai tumbuh 15,3% di awal 2019

Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi pembayaran nontunai (cashless) tumbuh 15,3% pada Januari 2019 (yoy). 

Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi pembayaran nontunai (cashless) mencakup penggunaan kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik tumbuh 15,3% pada Januari 2019 (yoy). / Pixabay

Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi pembayaran nontunai (cashless) mencakup penggunaan kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik tumbuh 15,3% pada Januari 2019 (yoy). 

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan uang elektronik mengalami pertumbuhan mencapai 66,6% (yoy) pada Januari. Sementara itu, penggunaan kartu debit masih mendominasi transaksi sistem pembayaran ritel dengan pangsa 94,8% dan pertumbuhan 15,4% (yoy).

"Penggunaan uang elektronik ini semakin populer, terutama sebagai instrumen pembayaran untuk moda transportasi dan e-commerce. Untuk itu, ke depan Bank Indonesia akan terus memperkuat peran sistem pembayaran ini dalam mendukung kegiatan ekonomi," kata Perry di Jakarta, Kamis (21/3).

Sejak Agustus 2014, BI telah meluncurkan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen nontunai.

Menurut Perry, penggunaan nontunai banyak manfaat bagi perekonomian ketimbang menggunakan uang tunai.