Turun, target pertumbuhan kredit BTN 2020 hanya 6%-8%

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) dalam rencana bisnis bank (RBB) menargetkan pertumbuhan kredit pada 2020 antara 6%-8% yoy.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) dalam rencana bisnis bank (RBB) menargetkan pertumbuhan kredit pada 2020 antara 6%-8% yoy. / BTN

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) dalam rencana bisnis bank (RBB) menargetkan pertumbuhan kredit pada 2020 antara 6%-8% secara tahunan.

Direktur Finansial, Treasuri, dan Strategi BTN Nixon L. Napitupulu usai rapat di Komisi XI DPR mengakui target kredit tersebut menurun dibandingkan dengan 2019.

Penurunan itu karena perseroan fokus untuk konsolidasi internal dan memperbaiki kualitas kredit dengan menurunkan rasio kredit bermasalah (non lerforming loan/NPL).

Perseroan juga tidak ingin ambisius mendorong pertumbuhan kredit hingga kondisi likuiditas benar-benar memadai. Manajemen bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu akan menunggu hingga rasio pinjaman terhadap simpanan (loan to deposit ratio/LDR) membaik.

"RBB kami turun, kredit pertumbuhannya cuma 6%-8%, kami akan lebih ke konsolidasi, perbaikan kualitas, plus likuiditas dibenarkan sampai LDR membaik," ujar dia di DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (25/11).