UMKM manfaatkan teknologi, sebar pesan untuk sayangi bumi

UMKM memasarkan produk ramah lingkungan melalui marketplace untuk menjangkau lebih banyak pembeli.

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

Aksi peduli terhadap lingkungan bisa dilakukan dalam banyak bentuk. Salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan plastik. Seperti halnya dilakukan Gatot (39) dalam kehidupan sehari-harinya.

“Saya enggak menghilangkan plastik dalam hidup saya, tetapi saya berusaha mengurangi,” ujarnya saat berbincang dengan Alinea.id, Rabu (12/1).

Cara itu ia lakukan misalnya dengan memesan kebutuhan pokok rumah tangga seperti minyak goreng, sabun mandi, sabun cuci, dan produk-produk pembersih lainnya dari jasa layanan isi ulang. Menurutnya, cara ini cukup membuat sampah plastik di rumahnya berkurang.

Selain itu, ia juga kerap membawa wadah makanan miliknya saat membeli makanan di luar. “Kalau bisa malah mau mencari warung makan yang enggak menggunakan styrofoam, tetapi cukup dibungkus daun,” ujar bapak tiga anak ini.

Saat Idul Adha lalu, Gatot yang pernah menjadi panitia Kurban di lingkungan rumahnya itu juga pernah menggunakan plastik dari singkong. Pembagian daging kurban dilakukan dengan wadah besek bambu dan plastik singkong demi lebih ramah lingkungan.