Unicharm bidik dana IPO Rp1,2 triliun di Desember

Uni-Charm lndonesia, produsen popok dan pembalut Charm akan melepas saham pada Desember 2019.

PT Uni-Charm lndonesia (Unicharm), produsen popok bayi, pembalut wanita, dan popok dewasa di Indonesia berencana melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Alinea.id/Annisa Saumi

PT Uni-Charm lndonesia (Unicharm), produsen popok bayi, pembalut wanita, dan popok dewasa di Indonesia berencana melakukan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). 

Presiden Direktur Unicharm Indonesia Yuji Ishii mengatakan jumlah saham yang akan ditawarkan dalam skema IPO ini sebanyak 831 juta lembar saham atau 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah dengan nilai nominal sebesar Rp100 per saham.

Yuji mengatakan saham Unicharm akan dilepas ke publik pada rentang harga 1.400-1.800 per lembar saham. Perseroan menargetkan akan memperoleh dana sebesar Rp1,2 triliun dari proses IPO ini.

"Rencananya, dana hasil penawaran umum sekitar 64,6% akan diguakan untuk kebutuhan belanja modal, yaitu pembelian fasilitas produksi baru dan peremajaan fasilitas produksi yang sudah ada," tutur Yuji saat due diligence di Jakarta, Senin (25/11).

Selain itu, sekitar 20,6% akan digunakan untuk pembayaran utang dan sisanya sekitar 14,8% akan digunakan untuk modal kerja.