Wamen beberkan IPO Mitratel dan PGE, kapan?

IPO perusahaan BUMN diyakini dapat mendorong kegairahan dan meningkatkan kapitalisasi pasar saham BUMN.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala Mansury menegaskan rencana penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO) dua anak usaha BUMN tetap akan dilakukan pada tahun ini.

Dia menuturkan, dua anak usaha yang akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut adalah PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) yang merupakan anak usaha PT Pertamina Persero, serta PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk.(TLKM).

"Di 2021, kami berencana mencatatkan dua anak usaha BUMN, yaitu holding Geothermal dan Mitratel yang masing-masing bergerak di bidang energi baru terbarukan serta di bidang telekomunikasi," katanya dalam webinar, Kamis (15/7).

Dia yakin, pencatatan dua anak usaha BUMN ini di BEI dapat semakin mendorong kegairahan dan meningkatkan kapitalisasi pasar saham BUMN di pasar modal dalam negeri.

"Kami berharap pencatatan anak usaha BUMN tahun ini dan juga di tahun mendatang akan semakin mendorong kegairahan di pasar modal Indonesia dan pasar modal syariah secara umum," ujarnya.