WIKA siapkan capex Rp16 triliun untuk 2020

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menyiapkan belanja modal untuk mengembangkan proyek yang bisa menghasilkan pendapatan berulang

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) akan mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp16 trilliun pada 2020. / Antara Foto

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) akan mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp16 trilliun pada 2020. Direktur Utama Wika Tumiyana mengatakan capex ini akan digunakan untuk mengembangkan proyek yang bisa menghasilkan pendapatan berulang (recurring income).

“Ini sudah di-plot sejak lama, kalau capex WIKA untuk investasi dan mempercepat recurring income, sehingga ke depan WIKA bisa sustain,” kata Tumiyana di Jakarta, Jumat (29/11).

Tumiyana mengatakan tidak seluruhnya capex akan digunakan untuk membiayai pembangunan jalan tol. Dia menyebut WIKA akan fokus dalam berinvestasi di sektor yang bisa menjaga cash flow perseroan tetap positif. 

Sebab, kata Tumiyana, pihaknya ingin saat ada proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), posisi keuangan WIKA mumpuni untuk mendapatkan lelang proyek.

Sebelumnya, WIKA menganggarkan capex sebesar Rp18,1 triliun untuk tahun ini, namun penggunaannya masih di bawah 10% dari capex sebesar Rp18 triliun itu.