XL Axiata kantongi Rp3,4 triliun dari penjualan 2.431 menara

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menjual sejumlah 2.431 menara ke Protelindo dan CMI.

Ilustrasi. Dokumentasi PT XL Axiata Tbk.

Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menjual sejumlah 2.431 menaranya ke anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR), yaitu PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dan ke PT Centratama Menara Indonesia Tbk. (CENT) atau CMI.

Sekretaris perusahaan XL Axiata Ranty Astari Rachman mengatakan penjualan 2.431 menara tersebut merupakan bagian dari rencana transaksi sebelumnya berjumlah 2.782 menara.

Rinciannya, sejumlah 1.399 menara telekomunikasi dijual ke protelindo dan 1.032 menara telekomunikasi dijual ke Centratama. Sisa dari bagian penjualan tersebut masih berada dalam proses dokumentasi dan akan diumumkan kemudian.

"Total nilai penjualan menara telekomunikasi adalah sebesar Rp3,47 triliun," kata Ranty dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (3/4).

Sekretaris Perusahaan Sarana Menara Nusantara Irfan Ghazali mengatakan transaksi jual beli menara ini merupakan bagian dari transaksi pembelian 1.732 menara telekomunikasi dari XL Axiata ke Protelindo.