Bupati Pesawaran manfaatkan gerakan Bangga Buatan Indonesia gencarkan pembangunan SDM

Selain meningkatkan sumber daya manusia (SDM), BBI akan membangkitkan kembali ekonomi lokal yang sempat terpuruk pascapandemi Covid-19.

Bupati Pesawaran, Deni Ramadhona (kiri) bersama Forkopimda saat menghadiri Lagawi Fest BBI 2022 di Tegal Mas. Foto: instagram @diskominfotiksan_pesawaran

Bupati Pesawaran, Deni Ramadhona memanfatkan momentum gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) untuk mengembangkan kreativitas para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayahnya. Selain meningkatkan sumber daya manusia (SDM), BBI akan membangkitkan kembali ekonomi lokal yang sempat terpuruk pascapandemi Covid-19

"Kegiatan ini (BBI) tentunya sangat baik, karena memiliki tujuan untuk menghidupkan kembali perekonomian khususnya dalam bidang IKM setelah perekonomian kita sempat terganggu akibat pandemi covid-19 yang melanda," kata Dendi saat membuka Lagawi Fest BBI 2022 di Tegal Mas, Kamis (23/6).

Dendi mengatakan, upaya-upaya pelatihan juga dilakukan kepada masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam (SDA) Pesawaran yang sangat  luas. Diharapakan, pelatohan mampu membuat SDM memaksimalkan SDA yang ada untuk bersaing dengan seluruh daerah dalam gerakan BBI.

"Kedepan saya fokus pembangunan kualitas SDM, sebab kita punya sumber daya alam yang bagus, kemudian kita juga memiliki kerajinan tangan seperti Tapis, namun kalau tidak didukung SDM yang baik akan sia-sia," ucapnya.

Dendi menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah mengembangkan salah satu program untuk meningkatkan SDM, yakni pelatihan Maestro Class. Pelatihan ini menyasar para pelaku UMKM agar mereka bisa memanfaatkan teknologi ditigal untuk memasarkan kerajinan lokal.