Hoaks kasus “klitih” Klaten, Kepala Diskominfo: Warga jangan mudah sebarkan konten

Hal tersebut ia sampaikan merespons maraknya konten hoaks, atau berita bohong yang beredar di media sosial Kabupaten Klaten.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) Kabupaten Klaten, Amin Mustofa. Foto: klatenkab.go.id

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Klaten, Amin Mustofa meminta masyarakat jangan mudah menyebarkan konten yang diterima sebelum melakukan pengecekan terhadap informasi yang beredar. Ia ingin masyarakat lebih jeli dalam menerima informasi, khususnya di media sosial.

Hal tersebut ia sampaikan merespons maraknya konten hoaks, atau berita bohong yang beredar di media sosial Kabupaten Klaten dalam dua hari terakhir mengenai kasus klitih.

"Pesan yang beredar di media sosial belum tentu bisa dipertanggungjawabkan. Perhatikan isi pesannya dan kroscek kebenaran informasinya," kata Amin Mustofa dalam keterangnnya kepada Alinea.id, Minggu (10/4).

Menurutnya, penyebaran informasi tanpa melihat isi terlebih dahulu merupakan awal mula penyebaran hoaks. Untuk itu, Amin meminta masyarakat harus jeli menyaring konten yang berderar di beranda media sosial masing-masing.

"Saring sebelum sharing, selalu perhatikan itu. Jangan sampai kita menjadi bagian penyebaran hoaks yang menyesatkan dan menimbulkan keresahan," ungkapnya.