Pemkab Gowa gandeng Grab wujudkan digitalisasi UMKM

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, digitalisasi menjadi salah satu upaya meningkatkan penjualan produk UMKM lokal.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menandatangani kerja sama dengan PT Grab Teknologi Indonesia (Foto: humas.gowakab.go.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bekerja sama dengan PT Grab Teknologi Indonesia mewujudkan digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, digitalisasi menjadi salah satu upaya meningkatkan penjualan produk UMKM lokal.

“Digitalisasi ini pada dasarnya untuk mengefisiensi. Sehingga kerja sama ini tidak terpisahkan dari perencanaan Kabupaten Gowa untuk bisa melakukan perubahan menuju digitalisasi,” ujar Adnan, dikutip Senin (12/9).

Adnan menjelaskan, digitalisasi ini sangat dibutuhkan di zaman sekarang sesuai dengan karakteristik masyarakat. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini jumlah penduduk di Kabupaten Gowa sebanyak 64% adalah milenial, gen z, dan post gen z.

“Mereka inilah milenial, gen z dan post gen z yang melek teknologi, sehingga memang dibutuhkan digitalisasi,” tuturnya.

Selain itu, Adnan menilai digitalisasi UMKM menjadi langkah penting dalam membantu Pemkab Gowa mengembangkan UMKM dan pariwisata. Ia berharap, kerja sama ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Gowa.